Istimewanya Fitur Bluelink di Hyundai Creta

Dari waktu kewaktu dengan bergantinya tahun, teknologi terus mengalami perubahan dan peningkatan secara significan. Kehadiran teknologi baru memudahkan manusia untuk melaksanakan aktivitasnya, baik untuk keseharian, rutinitas, kegiatan secara individua atau kelompok sekaligus untuk mendukung dalam keseharian dan pekerjaannya. Kompetisi dan persaingan antar brand juga mendukung perubahan ternologi itu sendiri baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Perubahan teknologi dalam komunikasi dan era digital misalnya, juga sangatlah pesat dengan hadirnya brand-brand baru dengan harga bersaing namun berlimpah fitur yang memanjakan penggunanya. Tak terkecuali pula teknologi yang dihadirkan pada line up produk-produk kendaraan terutama roda empat, baik itu kendaraan pribadi ataupun niaga. Ketatnya persaingan antar brand berupaya untuk mengambil hati para pelanggan atau customer supaya bisa beralih ke brand yang lain ataupun berupaya mempertahankan brand itu sendiri. Teknologi yang tidak ada perubahan dan tidak bisa mengikuti kemauan pasar maka dengan sendirinya akan tergerus zaman, ketinggalan dan kehilangan peminatnya. Lambat laun, teknologi yang tidak mampu bersaing akan tenggelam dan hilang dipasaran dan tergantikan oleh hadirnya brand-brand baru yang siap berkompetisi.

Ketatnya kompetisi pada kendaraan roda empat khususnya pada mobil pribadi di Indonesia untuk saat ini sangatlah bisa dirasakan. Brand-brand pabrikan Jepang yang telah hadir terlebih dahulu di Indonesia dan telah menguasai 60% pasar otomotif pastinya juga akan berupaya untuk mempertahankan eksistensinya di hati masyarakat. Kehadiran mobil pabrikan Jepang di Indonesia kurang lebih telah melampaui waktu berpuluh-puluh tahun dan ada yang hampir 40th hadir di Indonesia, seperti misalnya brand dari Toyota, kemudian menyusul brand dari Jepang lainnya seperti Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Honda dll. Pabrikan Jepang yang lebih dahulu hadir di Indonesia akan terus berupaya mempertahankan loyalitas pelanggannya dengan berbagai cara, seperti hadirnya cakupan jaringan dealer, pelayanan servis dan perubahan model serta penambahan fitur teknologi yang di sematkan ke produk-produk keluaran terbarunya.

Penambahan fitur dan teknologi yang dihadirkan tidak terlepas dari upaya membendung kehadiran brand-brand baru dari beberapa negara lain diluar Jepang seperti dari Tiongkok, Korea, India, dan negara-negara Eropa. Negara tiongkok misalnya, saat ini telah menghadirkan beberapa brand di Indonesia seperti merk Wuling dengan beberapa type mobil seperti kelas MPV (Confero, Cortez), SUV (Almaz, Alvez) mobil Niaga (Formo Blind Van, Formo Max Pick Up) serta mobil listrik ramah lingkungan Air EV. Selain brand Wuling, ada beberapa brand lain dari Tiongkok yang telah hadir di Indonesia seperti DFSK, yang mengusung 5 model yg terbagi dalam beberapa kelas misalnya SUV (Glory560, Glory i-Auto), MPV (DFSK Gelora), Mini Van (Gelora Electrik) serta mobil Niaga (Supercab). Hadir pula brand baru dari Tiongkok seperti Morris Garage (MG) yang bermain di kelas SUV (MG ZS, MG HS, MG5GT) serta brand-brand baru seperti Cherry, BYD dll. Selain pabrikan dari Tiongkok hadir pula produk-produk dari Korea Selatan seperti Kia yg membawa line up kelas MPV (Grand Carnival, Carens), 3 SUV (Kia Sonet, Seltos, EV6) kemudian brand Hyundai yang membawa line up kelas low MPV (Stargazer), Small SUV (Creta), Big SUV (Palisade), Big MPV (Staria) dan beberapa mobil electric seperti Kona dan ioniq5.

Dengan banyaknya kehadiran brand-brand baru tersebut, mau tidak mau kompetisi fitur teknologi yang dihadirkan akan bersaing semakin ketat tidak terkecuali pada produk-produk Jepang yang lebih dahulu hadir di Indonesia. Pabrikan Wuling misalnya, sebagai brand baru yang hadir di Indonesia membawa gebrakan yang cukup memberikan kejutan pada pabrikan Jepang, Wuling menghadirkan fitur teknologi WIND (Wuling Indonesia Coment) perintah suara dengan Bahasa Indonesia satu-satunya, teknologi ADAS (Advance Driving Assistance System) yg membantu pengemudi untuk mendapatkan kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Fitur perintah suara juga di sematkan pada produk-produk keluaran Tiongkok yang lainnya seperti DFSK maupun MG, namun masih menggunakan mode bahasa Inggris.

Terlepas dari pabrikan Tiongkok, pabrikan dari Brand Korea juga tidak mau kalah bersaing dalam menghadirkan fitur-fitur teknologi yang canggih dan mumpuni. Salah satu contoh brand Korea yang sekarang lagi “naik daun” di pasar otomotif Indonesia adalah merk HYUNDAI. Line up produk Hyundai di Indonesia berkembang sangat pesat dan tergolong berani, hal itu terlihat dari banyaknya type mobil Hyundai yang di hadirkan dari segala segment, misalkan segment menengah kebawah seperti Stargazer, segment menengah seperti Creta serta kelas atas seperti ioniq5, Palisade, Santafe, serta kelas premium seperti Hyundai Staria. Fitur teknologi yang disematkan pada unit Hyundai sangatlah bervariatif, lengkap dan canggih. Tidak perlu berbicara fitur teknologi yang di hadirkan pada segment kelas atas ataupun premium, kita ambil contoh fitur teknologi yang di sematkan pada produk Hyundai di segment kelas menengah saja seperti pada Unit Creta, dimana fiturnya sudah sangat canggih dan lengkap.

Dalam pembahasan kali ini, kita tidak membahas semua fitur yang disematkan pada unit Creta namun hanya membahas salah satu fitur saja seperti fitur teknologi BLUELINK, dimana fitur ini sangat membantu meghubungkan dengan mobil pengendara saat kemanapun pergi. Aplikasi Bluelink merupakan sebuah rangkaian layanan konektivitas terintegrasi yang dirancang khusus untuk membuat berkendara lebih aman, lebih mudah dan lebih menyenangkan. Hyundai Creta telah dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, merupakan platform yg memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil pengendaranya. Dengan aplikasi Bluelink dapat menghubungkan pengendara dengan call center Hyundai 7×24 jam saat terjadi kondisi darurat untuk segera memberikan bantuan.

Aplikasi Bluelink pada unit Hyundai Creta meliputi system keamanan dan kenyamanan untuk pengendaranya, yang meliputi:

  1. SAFETY. Dengan system keamanan intuitif, Hyundai Bluelink membantu menjaga pengendara dalam kondisi darurat.
  2. VRM (Vehicle Relation Management). Hyundai Bluelink memberikan pengendara pemberitahuan untuk menjaga mobil supaya tetap dalam kondisi terbaiknya.
  3. Remote Function. Hyundai Bluelink memberikan kemudahan mengontrol mobil melalui smartphone penggunanya, seperti menyalakan mesin, menyalakan AC dan mengunci pintu.
  4. Hyundai Bluelink membantu melindungi mobil saat berada diluar pengawasan pemakainya dengan memberikan peringatan melalui aplikasi.
  5. ACN (Auto Collision Notification). Jika terjadi kecelakaan dan Air Bag mengembang, sinyal Auto Collision Notificatioan (ACN) secara otomatis akan dikirimkan ke Hyundai Bluelink Call center. Operator akan segera menghubungi mealui Mic dan speaker di dalam mobil untuk memastikan kondisi pengendara dan menghubungi polisi atau pihak medis supaya segera memberikan bantuan dan pertolongan.
  6. SOS (Emergency Assistence). Jika dalam keadaan darurat, pengendara dapat meminta bantuan kepada Call center 24jam Bluelink dengan menekan tombol SOS yang terletak di Overhead Console. Call Center akan segera menghubungi dan memberikan bantuan darurat yang dibutuhkan kelokasi pengendara.
  7. RSA (Road Side Assistence). Saat mobil pengendara bermasalah ditengah perjalanan dan pengendara menekan tombol SOS, maka pengendara akan mendapatkan informasi lokasi Hyundai Service Center terdekat atau jasa mobil derek ke lokasi dalam layanan RSA ini.
  8. Stolen Vehicle Notificaion. Ketika sesorang membuka paksa mobil anda, notifikasi akan segera dikirimkan melalui aplikasi Bluelink ke ponsel pemilik mobil. Hal ini bisa mencegah terjadinya pencurian kendaraan atau barang-barang yang ada di mobil.
  9. Stolen Vehicle Tracking. Jika mobil pengendara di curi, Hyundai Bluelink menyediakan layanan yang efektif untuk mendukung pelacakan mobil dengan memberikan informasi lokasi dan rute yang di lalui. Layanan ini tersedia jika mobil yang sedang dicuri dalam keadaan berjalan atau paling lambat 7×24 jam setelah mesin dimatikan.
  10. Stolen Vehicle Immobilization. Setelah pengendara melaporkan pencurian kepada Call Center Bluelink. Pengendara bisa meminta untuk mematikan mesin mobil sepenuhnya supaya tidak dapat dihidupkan oleh pencurinya kembali.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur dari Hyundai Bluelink di unit Creta yang belum disampaikan. Untuk Fitur Bluelink yang lainnya akan disampaikan pada bahasan artikel berikutnya. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya fitur yang ada pada aplikasi Bluelink pada unit Hyundai Creta. Kehadiran fitur teknologi memang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan untuk para penggunanya tak terkecuali fitur-fitur yang di hadirkan dari pabrikan otomotif dari Korea Selatan HYUNDAI. Sebelum melakukan pembelian sebuah mobil, alangkah bijaknya kalau kita mempelajari terlebih dahulu produk yang akan kita beli tersebut. Jangan sampai kita telah mengeluarkan uang dengan jumlah besar sampai ratusan juta rupiah, akan tetapi tidak tau fitur apa saja yang kita dapatkan. Jangan hanya karena gengsi semata, ikut-ikutan atau sekedar mengikuti arahan teman dan minimnya pengetahuan kita, akhirnya kita tidak mendapatkan produk terbaik dan minim fitur. Sejatinya, membeli kendaraan terutama mobil tidak hanya berbicara MERK semata, akan tetapi perlu mempertimbangkan fitur apa saja yang kita dapat untuk menunjang kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Write a comment